Jumat, 27 Mei 2011


Mengkudu yang mempunyai nama ilmiah MOrinda Citrifolia memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.
Semua bagian mengkudu memiliki manfaat. walau bentuknya tidak sedap dipan dang mata tapi sangat banyak khasiatnya. akar dan herbanya mengandung berbagai enzim yang diperlukan tubuh. Daun memiliki banyak mineral sebut saja protein,zat besi hingga zat kapur. Bunganya mengandung zat glikosida dan buahnya mengandung aneka ragam asam dan mineral.Khusus buah yang biasa dipergunakan untuk kesehatan adalah buah yang sudah matang karena kandungan zat-zat berkhasiatnya banyak ditemukan dan lebihmaksimal karena dipengaruhi oleh enzim.

KANDUNGAN KIMIA PADA MENGKUDU :
1. Scopolentin
Mempunyai efek sebagai Vascodilator,yaitu melebarkan pembuluh darah yamg mengalami penyempitan sehinga melancarkan sirkulasi darah. selain itu scopoletin juga mampunyai efek sebagai anta radang dan anti alergi.

2. Damnachantal
Merupakan zat anti kanker yang mampu menghambat dan melawan pertumbuhan sel pada tingkat gen(sel prakanker) dg cara merusak alat-alat dengan cara merusak alat-alat peredaran yang mensuplay darah dan oksigen menuju tumor atau kanker.

3. Xeronine dan Proxeronine
Xeronine berfungsi memperbaiki fungsi sel yang rusak dengan cara mengaktifkan enzim dan mengatur struktur dan fungsi protein di dalam sel.xeronine juga berperan dalam meningkatkan energi bagi tubuh dan pereda rasa sakit.sedangkan proxeronine berfungsi membentuk xeronine.

4. Anthraquinone
sebagai anti imflamasi dan anti bakteri yang efektif melawan beberapa bakteri penyebab infeksi jantung dan bakteri penyebab disentri.

5. Vitamin C
fungsi sebagai anti oksidan yang menetralisir radikal bebas,meningkatkn daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

6. Moridon
mempunyai efek sbg pencahar sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

7. Terpenes
merupakan senyawa hydrocarbon isometric yang berfungsi membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

8. Soranjidiol
mempunyai efek sbg peluruh kemih dan obat cacing.

9. Asam Amino

10. Serotonin

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN
1. Hipertensi
2. Kencing Manis
3. Masuk Angin dan Influenza
4. Asam Urat
5. Radang Sendi
6. Radang Usus
7. Asma
8. Kolesterol Tinggi
9. Perut Kembung pada bayi

MANFAAT MENGKUDU BAGI KECANTIKAN :
1. Menghilangkan Ketombe
2. Obesitas
3. Kesegaran tubuh 

sekarang udah tau kan apa manfaatnya ? jangan lupa baca bismillahirrahmanirrahim dulu yaw :)
semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar