Kamis, 26 April 2012

Ibtidaiyah (1)


IBTIDAIYAH....

   Ibtidaiyah itu apa ya? Ada yang tau? Nah, kalau tidak tau sini winda beri tahu. Ibtidaiyah itu menurut kamus katanya sih sekolah agama yang setingkat SD. Tapi, Kalau di Palu mah Ibtidaiyah itu sekolah sore khusus agama Islam pastinya.  Bedanya ibtidaiyah ngga ada pelajaran IPA nya, IPS nya, Bahasa Indonesia dan sejenisnya. Yang ada tuh Fiqih, Tauhid, Mahfuzat Nahwu, Sharaf, Tashrif zet el el :p

     Nah, saya juga pernah ibtidaiyah loo :p percaya atau ngga. Kenyataanya sih iya. Saya pernah, Awalnya saya ngga mau. NGGAK MAU! Cuma ngga tahu ayah saya ada perihal apa tiba-tiba memasukkan saya ke Ibtidaiyah. Yang ada di benak saya itu kalau ibtidaiyah itu SEREEEM Kuadrat pangkat Tujuh. Apalagi yang dipake bahasa Arab semua, bisa-bisa otak saya ngga bisa berpikir lagi-.-

    Saya ber-ibtidaiyah di Alkhairaat Palu. Yayaya, Ngga usah jauh-jauh. SD nya pagi disitu, Ibtidaiyahnya sore disitu juga-.- hehehe. Ada sih yang bilang kalau namanya itu ‘MDA’ Alias Madrasah Diniyah Awaliyah, tapi disatu sisi ada yang beranggapan kalau itu ‘MIA’ Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Palu. Entahlaaah-___-‘ nah, Pertama kalinya saya menginjakkan kaki di ibtidaiyah ini pada kelas 5 SD. Ngga kebayang seberapa tuanya saya ketika mengetahui saya akan lulus 6 tahun lagi. Yayaya, 6 TAHUN CUY. 6 tahun. 1b, 1a, 2b, 2a, 3 dan 4. Setara kayak SD sih 6 tahun. Weew, saya stress berat ketika memasukki ibtidaiyah itu. Dan parahnya saya masih berada di kelas 1b-___-'

      Saya ingat ketika saya memasukki kelas itu bersama lia *Red: Adik Saya yang saat itu masih kelas 2 SD. Saya nelan-nelan ludah lo, ketika ngeliat orang-orang di sekitar saya masih kecil-kecil semua. Apa kata dunia Tuhaan T.T so, saya setara dengan anak kecil gitu? Eh tunggu! Tunggu! Kecuali dia! Dia, ya dia!! Namanya Wulan! Paginya dia bersekolah di SD Muhammadiyah, entahlah saya juga tidak tau sih. Yang pasti dia juga kelas 5 SD seperti saya. Huffh! Syukurlah. Dan seperti yang bisa ditebak saya duduk dengan wulan. Yayaya^^

    3 hari sudah mendudukki kelas 1b. Tiba-tiba ada ustadz baru, Ngga tau namanya siapa. Kalau ngga salah namanya Ustadz Abdullah eh ngga tau. Yang pasti saya beserta Wulan memanggil beliau dengan nama ustadz ‘Zidane’ kenapa? Ada yang tau? Hahaha, Itu semua karena Wulan, Wulan bilang katanya Ustadz Zidane itu mirip pemain bola yang katanya lagi tenar-tenarnya saat itu. Namanya Zinane Zidane. Hahaha, Iya sih. Perawakannya yang tinggi lagi tegap. Berhidung mancung, dan berkulit putih. Ahya, 1 lagi yang tak ketinggalan bau detolnya ituloh. Hahaha #Abaikan.

   Nah, Beberapa hari setelah mengenal beliau. Datanglah seorang cewek yang mukanya lumayan dewasa gitu. Namanya Cynthia, ia cynthia -_-‘ dipanggil tia sih. Tapi saya bersama wulan lebih senang memanggilnya dengan sinti. Hahaha, nah pada saat kedatangannya. Kita taruhan, sinti itu sebenarnya kelas berapa, Saya mengatakan bahwa sinti itu kelas 6, sedangkan wulan mengatakan bahwa sinti itu kelas 1 SMA. Dan jeng jeng jeng jeng!! “saya kelas 1 smp, dan bersekolah di SMP 1” tukas si lesung pipi itu ketika mengenalkan dirinya di depan kelas. Dan seketikaaaa....... “HAHAHAHAHAHAHAHAHA!” Wulan dan saya-pun tertawa selepas-lepasnya, kamipun tertawa terbahak-bahak karena tak ada satupun yang benar. Daaaaan “WINDA! WULAN!!” tukas ustadz zidan_-_ #JLEB! saya dan wulan-pun akhirnya harus menanggung malu untuk ‘takes’. What an awkward moment!!

    Sayangnya beberapa hari kemudian saya harus berpindah kelas, tepatnya seminggu lebih menduduki kelas tersebut. Saya harus diloncat ke kelas 1a, mungkin karena pelajaran ‘tafriq wa taushilul huruuf’ dan akhirnya saya berpindah ke kelas 1a. Ya, 1aaaaaaaaaaa_--------_

    Keesokan harinya, saya duduk dibangku paling belakang. Walaupun jujur ngga tau mata saya udah minus kali ya, akhirnya maju maju maju hingga paling depan.  Yang ngajar sih ustadzah Maimunah. Beliau juga baik-baik-baik banget. Nah, di kelas 1a ini ada cewek yang juga masih kelas 4 SD-_-‘ bercadar. Dia cantik kok aslinya. Tapi ngga pernah lepas cadarnya._. nah namanya Munsyirah kalau ngga salah. Saya dan dia selalu bersaing ketat dalam pelajaran Al-Qur’an. Hafalan Alqur-aan diperbolehkan sih dari An-nas terus maju hingga An-naba. Nah, saya dan munsyirah-pun harus bersaing alam hal ini! Al-Qoriah, Al-insyirah de el el sampai Al-Adiyat, Al-Balad, Al-lail, Al-Fajr pun kami lewati-.- dan akhirnya hafalan saya-pun harus terhenti di Al-Infithar-_____- aaa, nyebelin banget kalau inget itu. Dan nyatanya saya kalah cepat ngapalinnya dibanding Munsyirah T.T

     Kalian tau kenapa hafalan saya terhenti? Ada yang tau? Ya,Karena US sudah didepan mata. Alhasil penerimaan raport pun dilaksanakan. Dan Alhamdulillah, saya meraih peringkat 1 di kelas 1a saat itu J tapitapitapi. Saya tidak melanjutkan lagi ke kelas 2. Ada yang tau kenapa? Karena karena Saya DILONCAT lagi :3 daaaaaaan 2b dan 2a harus saya lewati juga pemirsa. Hingga ke kelas 3. Waaaw—“ hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya--V

 Sekian dulu yaaa, tunggu versi Ibtidaiyah seri ke (2) nyaa J Wassalaam. Keep reading guys! :p
Share:

0 komentar:

Posting Komentar