Selasa, 11 Oktober 2011

About Central Celebes :)

  Berikut merupakan sekilas tentang letak sulawesi tengah . khusus buat orang Indonesia , sulawesi bahkan SULAWESI TENGAH. Wajib baca ya! :p oya , Re-Blog dari www.angelfire.com :)

   Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-4 di Indonesia dengan luas daratan 227.654 km2. Bentuknya yang khusus yang menyerupai huruf "k" yang membujur dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang panjang yang membujur ke timur laut, timur dan tenggara. Terdapat banyak lembah dan danau.

   Pulau ini dibatasi oleh Selat Makassar di bagian barat yang membuatnya terpisah dari Pulau Kalimantan serta dipisahkan dari kepulauan Maluku oleh Selat Maluku.

    Pemerintah di daerah ini dibagi menjadi 4 propinsi, yaitu utara, tengah, selatan dan tenggara. Sulawesi Tengah merupakan propinsi yang terbesar dengan luas wilayah daratan 68.033 km2 yang mencakup semenanjung di bagian timur dan sebagian semenanjung bagian utara serta kepulauan Togian di Teluk Tomini dan kepulauan Banggai di Teluk Tolo. Luas wilayah laut adalah 189.480 km2.

     Hampir semua bagian propinsi ini bergunung-gunung (kira-kira 42,80% di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut) dan puncak tertinggi adalah gunung Kambuna yang mencapai 2950 meter yang terletak di dekat kota Palu. Ada beberapa sungai, yang terpanjang di Sulawesi adalah sungai Lariang, dan danau yang terkenal yang menjadi objek wisata adalah danau Poso dan Danau Lindu.

    Dengan ditutupi oleh hutan tropis, pulau ini memiliki beberapa suaka alam untuk melindungi flora dan fauna yang unik, yang merupakan objek penelitian bagi para ilmuwan dan para naturalis.

    Ibukota Sulawesi Tengah adalah Palu yang terletak di Kotamadya Palu. Di pantai barat teluk Palu kota ini dibagi dua oleh sungai Palu yang membujur dari lembah Palu, suatu daratan rendah sepanjang beberapa kilometer dan dikelilingi oleh gunung dari ketiga sisinya. Garis pantai Sulawesi Tengah memiliki pantai putih yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil tak berpenghuni dan laut yang memiliki taman laut yang indah yang belum terjamah.

     Dataran tinggi, plato dan lembah menyimpan monumen megalitik prasejarah di zaman lampau yang tersimpan di hutan dan daerah berbukit-bukit dan yang dipelihara oleh masyarakat di daerah-daerah terpencil dari jangkauan masyarakaat luar.a.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar